MAKALAH SAFE MOTHERHOOD PDF

As the deadline approached, safe motherhood activists lamented the fact that the kumpulan makalah dan hasil diskusi kelompok semiloka nasional. Makalah Safe Patient Handling Makalah Safe Patien Haddling. Home ยท Makalah Safe Patien Makalah Gerakan Sayang Ibu (Safe Motherhood Program). Midwives provide safe and satisfactory services in accordance with the needs of 1) Safe Motherhood, including newborns and abortion care.

Author: Memi Kigalrajas
Country: Timor Leste
Language: English (Spanish)
Genre: Art
Published (Last): 20 October 2008
Pages: 99
PDF File Size: 16.59 Mb
ePub File Size: 12.33 Mb
ISBN: 700-9-75124-943-2
Downloads: 9942
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Kilkree

Makalah Safe Patient Handling Safe Mooring Practice Safe Mooring practice. Manual Safe – Zapata Aislada. Curso Safe Peru How To Be Safe. Safe school design Examples of what school architects do to improve safety at the buildings they design. Keselamatan pasien merupakan prioritas utama untuk dilaksanakan di rumah sakit dan hal itu terkait dengan isu mutu dan citra rumah sakit.

Keselamatan pasien adalah suatu sistem dimana rumah motheerhood memberikan asuhan kepada kepada pasien secara aman serta notherhood terjadinya cidera akibat kesalahan karena melaksanakan suatu tindakan atau tidak melaksanakan suatu tindakan yang seharusnya diambil. Oleh karena itu, rumah sakit harus memiliki standar tertentu motheehood memberikan pelayanan kepada pasien. Standar tersebut bertujuan untuk melindungi hak pasien dalam menerima pelayanan kesehatan yang baik serta sebagai pedoman bagi tenaga kesehatan dalam memberikan asuhan kepada pasien.

Selain itu, keselamatan pasien juga tertuang dalam undangundang kesehatan. Terdapat beberapa pasal dalam undang-undang kesehatan yang membahas secara rinci mengenai hak dan keselamatan pasien 1 B.

Apa yang di maksud dengan patient safety? Apakah tujuan dari patient safety? Bagaimanakah standart keselamatan pasien rumah sakit? Untuk mengetahui pengertian dari patient safety. Untuk mengetahui standar keselamatan pasien rumah sakit. Mampu memahami standar keselamatan pasien rumah sakit. Tujuan Pasien Safety 1. Terciptanya budaya keselamatan pasien di Rumah Sakit 2.

Meningkatnya akuntabilitas Rumah Sakit terhadap pasien dan masyarakat 3. Terlaksananya program-program pencegahansehingga tidak terjadi Sedangkan keselamatan pasien pasien secara internasional internasional adalah: Menanyakan secara verbal kepada pasien nama lengkap dan bila mungkin tanggal lahir.

Komunikasi merupakan proses yang sangat khusus dan berarti dalam hubungan antar manusia. Komunikasi yang efektif yang tepat waktu, akurat, lengkap, jelas, dan dipahami oleh penerima mengurangi kesalahan dan meningkatkan keselamatan pasien.

  KASHFUL MAHJOOB ENGLISH PDF

Pokok dari eliminasi infeksi adalah cuci tangan hand hygiene yang tepat. Pengurangan resiko jatuh dilakukan dengan memberikan identifikasi jatuh pada setiap pasien, memberikan intervensi pada pasien yang beresiko serta memberikan lingkungan yang aman. Standar Keselamatan Pasien Rumah Sakit Dalam melakukan prosedur perawatan pada pasien, terdapat tujuh standar keselamatan.

Tujuh standar tersebut adalah sebagai berikut. Harus ada dokter sebagai penanggung jawab pelayanan 2. Dokter penanggung jawab pelayanan wajib membuat rencana pelayanan 3.

SAFE MOTHERHOOD

Mendidik pasien dan keluarga Standart: Saafe sakit harus mampu mendidik pasien dan keluarga mengenai kewajiban dan tanggung jawab pasien dalam motherjood pasien.

Dengan pendidikan tersebut diharapkan pasien dan keluarga memiliki kemampuan untuk: Memberikan info yang benar, jelas, lengkap dan jujur 1.

Mengetahui kewajiban dan tanggung jawab 2. Mengajukan pertanyaan untuk hal yang tidak dimengerti 3. Memahami dan menerima konsekuensi pelayanan 4. Mematuhi instruksi dan menghormati peraturan rumah sakit 6 5. Memperlihatkan sikap menghormati dan tenggang rasa 6. Memenuhi kewajiban finansial yang disepakati 3.

Keselamatan pasien pasien dan kesinambungan motgerhood pelayanan Standar: Rumah sakit menjamin kesinambungan pelayanan dan menjamin koordinasi antar tenaga dan antar unit pelayanan. Koordinasi pelayanan secara menyeluruh 2. Koordinasi pelayanan disesuaikan dengan kebutuhan pasien dan kelayakan sumber daya 3. Koordinasi pelayanan mencakup peningkatan komunikasi 4.

SAFE MOTHERHOOD – [PPT Powerpoint]

Komunikasi dan transfer informasi antar profesi kesehatan 4. Penggunaan metode-metode metode-metode dalam peningkatan kinerja untuk melakukan evaluasi dan program peningkatan keselamatan pasien Standar: Setiap rumah sakit harus melakukan pengumpulan data kinerja 3. Setiap rumah sakit harus melakukan evaluasi intensif 4. Setiap rumah sakit harus menggunakan semua data dan informasi hasil analisis 7 5. Peran kepemimpinan dalam meningkatkan keselamatan pasien Standar: Pimpinan menjamin berlangsungnya program proaktif untuk mengidentifikasi risiko keselamatan pasien dan program mengurangi kejadian tidak diharapkan.

Pimpinan mendorong dan menumbuhkan komunikasi serta koordinasi antar unit dan individu berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang keselamatan pasien. Pimpinan mengalokasikan sumber daya yang adekuat untuk mengukur, mengkaji, dan meningkatkan kinerja rumah sakit serta meningkatkan keselamatan pasien.

Pimpinan mengukur mengukur dan mengkaji efektifitas kontribusinya kontribusinya dalam meningkatkan kinerja rumah sakit dan keselamatan pasien Kriteria: Tersedia program proaktif untuk mengidentifikasi risiko keselamatan dan program meminimalkan insiden atau kejadian tidak diharapkan. Tersedia mekanisme kerja untuk menjamin bahwa semua komponen dari rumah sakit terintegrasi dan berpartisipasi.

  CHN NE555N DATASHEET PDF

Tersedia mekanisme pelaporan internal dan eksternal berkaitan dengan insiden. Tersedia mekanisme untuk menangani berbagai jenis insiden. Terdapat kolaborasi dan komunikasi terbuka secara sukarela antar unit dan antar pengelola pelayanan. Tersedia sumber daya dan sistem informasi yang dibutuhkan.

Mendidik staf tentang keselamatan keselamatan pasien pasien Standart: Rumah sakit memiliki proses pendidikan, pelatihan dan orientasi untuk setiap jabatan mencakup keterkaitan jabatan dengan keselamatan pasien secara jelas. Memiliki program diklat dan orientasi bagi staf baru yang memuat topik mengenai keselamatan pasien 2. Menyelenggarakan pelatihan tentang kerjasama kelompok guna mendukung pendekatan interdisiplin dan kolaboratif dalam rangka melayani pasien.

Komunikasi merupakan kunci bagi staf untuk mencapai keselamatan pasien. Rumah sakit merencanakan dan mendesain proses manajemen informasi keselamatan pasien untuk memenuhi kebutuhan informasi internal dan eksternal.

Transmisi data dan informasi harus tepat waktu dan akurat. Tersedia anggaran untuk merencanakan dan mendesain proses manajemen untuk memperoleh data dan informasi tentang hal-hal terkait dengan keselamatan pasien.

Tersedia mekanisme identifikasi masalah dan kendala komunikasi untuk merevisi manajemen informasi yang ada. Kesimpulan Keselamatan pasien adalah proses dalam suatu rumah sakit yang memberikan pelayanan pasien secara aman.

Tindakan keperawatan yang diberikan kepada pasien sudah seharusnya menunjang keselamatan pada pasien karena proses keperawatan tersebut sangat berhubungan dengan patient safety atau keselamatan pasien.

Jika terjadi kesalahan saat menjalani salah satu proses keperawatan, maka makzlah tersebut akan memungkinkan timbulnya kecelakaan kerja yang dapat mengancam keselamatan pasien.

Saran Sebagai tenaga kesehatan kita wajib melakukan tindakan dengan baik dan benar sesuai standar pelayanan kesehatan pada pasien, sehingga akan terjamin keselamatan pasien dari segala s egala aspek tindakan yang kita berikan. Bakit Husada Departemen Kesehatan R. Bakti Husada Komalawati, Veronica. Proceedings of expert lecture of medical student of Block 21st of Andalas University, Indonesia.

Remember me Forgot password?

SITE To ensure the functioning of the site, we use cookies. We share information about your activities on the site with our partners and Google partners: Your consent to our cookies if you continue to use this website.